Biang Keladi Penyebab Suhu Mesin Panas
Lagi asyik merayap di kepadatan lalulintas mengendarai mobil, mendadak
jarum indikator penunjuk suhu mesin naik. Cepat segera berhenti, jangan
nekad jalan. Apalagi jalanan macet, segera menepi dan matikan
mesin.Sebab, bila dipaksakan tetap melaju, dapur pacu langsung mengalami
overheating.
Cirinya, suara mesin kasar, tarikan berat dan muncul gejala mesin
ngelitik.Akibat panas berlebihan, kepala silinder bengkok, oli tercampur
air dan sistem pelumasan terganggu sampai akhirnya piston macet.
Suhu mesin panas disebabkan beberapa faktor. Langkah pertama, buka tutup
radiator, tapi tunggu sampai mesin dingin. sebab bila langsung akan
terkena siraman air panas. Perhatikan kondisi tiga komponen, yakni klep
tekan, per dan klep vakum karena masing-masing punya tugas.
Seperti klep tekan dan per berfungsi menjaga tekanan ruang radiator
konstan. Bila suhu mesin meningkat, temperatur air radiator akan naik.
Karena tidak ada lubang pernapasan, makan desakan di dalam ruang
pendingiin juga bertambah.
Kala tekanannya telah mencapai batas minimal kerja per, klep tekan akan
membuka. Selanjutnya, uap radiator disalurkan ke reservoir. Tekanan
kerjanya bisa dilihat pada tutup. Biasanya mulai terbuka pada tekanan
0,9 bar.
Jika klep tekan bagus, lihat pernya. Kalau macet akibat kerak, katup
tekan tak mau terbuka meski desakan ruang pendingin meningkat melebihi
tekanan per.Akibatnya temperatur mesin marangkak naik sampai
overheating.
Setekah diperiksa, ternyata klep tekan bagus. Pindahkan perhatian ke
katup vakum. Pada tutup radiator, klep ini bertugas ketika suhu mesin
turun. Akibat perubahan temperatur tekanan ruang raadiator bergeser dari
tinggi ke rendah. Sehingga ruang pendingin muncul isapan.
Saat itulah klep vakum terbuka. Jika macet, air dari tangki cadangan
(reservoir) tidak akan mengisi radiator. Akibatnya, air di radiator
cepat habis. Bila menemukan toko onderdil, cepat ganti baru.
Tutup radiator sudah diganti, ternyata suhu mesin masih tinggi. Lirik
slang radiator. Mungkin ada kebocoran kecil akibat kondisi karet slang
sudah mengeras karena usia pakai cukup tua. Ciri karet slang sudah
kurang bagus, pada bagian tertentu mulai menggelembung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar